(021) 22522161 - (021) 62304347

Hard Disk Recovery


Data Recovery Hard Disk Untuk HDD 3,5",2,5",1,8" SATA,IDE, ZIF, CF, SCSI, SAS, FC, dll

Hard Disk merupakan Media inti untuk Komputer saat ini. Teknologi Media Hard disk sudah berkembang dari sejak komputer di ciptakan. perkembangan teknologi HDD semakin pesat dikarenakan kebutuhan akan data digital semakin tinggi, dan HDD merupakan media yang reliable untuk pemakaian jangka waktu yang lama. dengan perkembangan yang cukup pesat maka tidak terelak dari kerusakan HDD tersebut. kerusakan HDD meyebabkan kehilangan data, disini Disk Recovery GURUHDD dapat merecovery data dari HDD yang rusak, berikut ini beberapa jenis kerusakan HDD dan beberapa faktor penyebab:

1. Kerusakan pada Hardware HDD

piringan HDD baret

Secara Fisik HDD terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah PCB ( papan circuit elektronik, Piringan, Motor dan Head)

pada PCB sering terjadi short circuit/ hubungan arus pendek yang meyebabkan beberapa komponen elektronik mengalami gagal fungsi. beberapa komponen elektronik memegang peranan yang cukup penting untuk mengoperasikan kinerja HDD, beberapa data system programing didalam komponen tersebut tidak boleh korup dan itu akan meyebabkan HDD tidak berbisa berfungsi, 

Piringan HDD merupakan tempat dimana data user tersimpan, piringan HDD merupakan komponen yang unik dan sangat susah untuk dimengerti tata cara penyimpanan data didalamnya, masing-masing vendor memiliki karakteristik konsep piringan yang mereka bikin. secara umum perhitungan data didalam piringan terbentuk dari head,silinder, track,dan sector. head merupakan bagian terbesar dari piringan ( sisi piringan ) didalam head terdiri dari beberapa silinder, didalam silinder terdiri dari beberapa track dan didalam track terdiri dari beberapa sector. piringan bisa cacat selama pemakaian HDD berlangsung, biasa diakibatkan karena ada partikel debu atau jarak layang head misposisi atau rpm tidak berputar secara maximal.

Motor HDD diperlukan di dalam teknologi HDD dikarenakan HDD memerlukan elektromagnektik untuk berfungsi memberikan signal dan membaca signal. butuh rpm yang cukup tinggi untuk menghasilkan elektromagnektik dari hasil putaran tersebut. dan dengan kekuatan kecepatan putaran dapat membantu head/ jarum untuk melayang diatas piringan. ada beberapa kasus kemacetan motor dan ini akan meyebakan HDD tidak bisa kedetect.

Head HDD merupakan bagian yang sangat sibuk didalam HDD, karena dia berfungsi sebagai alat pembaca dan penulis data kedalam piringan, sering kali HDD modern sekarang ini mengalami head rusak, dan menyebabkan HDD tidak bisa terdeteksi oleh komputer, head rusak bisa dikarenakan adanya partikel debu, kondisi putaran piringan tidak seimbang dan kegagalan parkir head di ramp, kepanasan dan karena human error ( jatuh)

2. Kerusakan pada System Teknologi ( Firmware ) HDD

MBR

Sytem teknologi atau biasa sering disebut sebagai Firmware/ Service Area merupakan system yang unik yang dimiliki oleh HDD, sejauh ini banyak reseverse engeener masih melakukan research terhadap system ini, banyak yang sudah berhasil terhack dan banyak juga yang masih dalam tahap pencarian.

firmware HDD tersimpan didalam piringan HDD dan ada beberapa vendor yang menanamkannya didalam komponen elektroknik didalam PCB,terkadang firmware HDD bisa rusak dikarenakan HDD bad sector yang merusak pada bagian dimana data firmware ini berada. Firmware HDD berfungsi secara situasional terhadap pemakaian HDD berlangsung, beberapa modul akan terisi/ berubah secara otomatis sesuai pemakaian HDD. untuk mengatasi kerusakan modul dibutuhkan keahlian dan pengetahuan terhadap algoritma firmware dari masing-masing vendor, semakin berkembangnya HDD maka semakin banyak modul yang ditanamkan, dan ini yang meyebabkan kerumitan dalam merecovery data.

team reserve engeenering GURUHDD telah memiliki pengalaman yang lama terhadap bidang HDD ini, dan tentunya untuk semua kasus HDD sudah pernah tertangani oleh kami baik secara fisikal maupun secara teknologi HDD. banyak kasus HDD berhasil kerecovery data nya oleh team kami, dan kami tetap melakukan research terhadap perkembangan HDD. jadi data recovery HDD sudah tidak asing dan bukan pemula buat team GURUHDD

 

Hard Disk Recovery