(021) 22522161 - (021) 62304347

DATA RECOVERY SUCCESS RATE STORY PART 1

05 Jan

DATA RECOVERY SUCCESS RATE STORY PART 1

Proses Data recovery dan repair harddisk adalah dua hal yang berbeda… dalam melakukan data recovery pada harddisk anda, kami lebih memilih untuk melakukan logical data recovery dengan mengarah pada pengenalan dan pendalaman dari file system itu sendiri.

Beberapa kasus yang sudah pernah kami tanganin adalah sebagai berikut ini :

 

  1. Partisi atau drive letter dapat kelihatan di Windows Explorer tetapi begitu kita ingin melihat, window langsung mengeluarkan pesan error dan minta kita untuk menformat partisi tersebut. Dan tentunya action Format sangat tidak dianjurkan.  Ini menunujukkan ada kerusakan pada filesystem anda yang mengakibatkan windows tidak bisa akses partisi tersebut.. masalah ini bisa dicover dengan melakukan editing manual kedalam file system tersebut. Setelah dilakukan editing secara manual.. partisi anda dan content data akan  muncul kembali seperti semula tanpa ada yang hilang… dan jika action format anda lakukan…. Sama artinya memperparah kondisi yang ada….
  2. Folder My document anda tiba-tiba hilang begitu saja..   dengan menggunakan software automatic recovery Folder My Document tetap tidak kelihatan…. Bagaimana dengan data saya…. Caranya hanya satu yakni mencreate ulang  link Folder my document anda secara manual kembali ke posisi semula…   Jika ini berhasil di create lagi.. anda tinggal click folder My document anda… Datanya langsung kelihatan tanpa ada yang corrupt….
  3. Harddisk Seagate Ux 20 GB Slim. Tidak bisa melakukan booting seperti biasanya. Cuma menggunakan THEOS OS ( salah satu SO yang sangat jarang dipakai ). Setelah harddisk dicek di lab tidak ada masalah dengan harddisk tersebut, berarti ada masalah dengan logical booting pada THEOS OS tersebut. Setelah melewati beberapa hari pengerjaan. Akhirnya kami berhasil mecreate ulang proses booting secara manual. Data bisa diselamatkan sampai 100%. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Agung dari PT Charon Pokhpan Indonesia yang mempercayakan seluruh pengerjaan kepada GURUHDD/Disk recovery.
  4. Harddisk Seagate Ux Barra 5400.1 / Barracuda 7200.7 40GB dan 80 GB. Harddisk jalan dan mulai mengeluarkan bunyi setelah beberapa saat harddisk tersebut berhenti kemudian jalan lagi. Begitu seterusnya dan tidak bisa dikenal oleh BIOS… Permasalahan pada harddisk ini harus dicover dengan pengekatan elektronik dan kemungkinan harddisk ini harus dibongkar. Dan tentunya harus diganti komponen yang rusak pengantian komponen yang rusak tidak digunakan untuk repair karena kondisi seperti ini tidak bisa diperbaiki… Setelah harddisk ini Up biasanya suka meninggalkan bad sector-bad sector pada area tertentu.. secepatnya content dari ini harddisk ini copy ke Harddisk yang bagus.. setelah copy selesai. Sayang datanya masih tidak bisa secara langsung di lihat oleh Windows.. proses selanjutnya adalah proses data recovery menggunakan logical data recovery seperti yang dijelaskan pada point 1, 2 ,dan 3 tergantung kerusakkan ada dimana dan di edit…
  5. Harddisk Hitachi 2.5” DK23EA / IC ATMR / ATDA / HTS Series 4240 / 5480 / Fujistu Drive / Dll. Harddisk mengeluarkan Bunyi yang keras dari dalam HDA ( Knocking Sound ). Data area sama sekali tidak bisa diakses. Kasus sama seperti No 4. ada kerusakkan komponen dalam dan harus diganti. Pengantian komponen untuk kasus ini hanya untuk retrieve data bukan untuk repair.. karena kalau repair harddisk tidak akan tahan lama. Seperti biasa bad sector tentunya akan ada setelah pengantian komponen… dan biasanya setelah proses data retrieving selesai. Proses logical recovery tentunya harus dilakukan untuk mengecek integritas data pada harddisk ini..
  6. Harddisk Toshiba GAS/GAP/GAX Series… pada saat start up  tidak ada aktivitas sama sekali pada harddisk ini artinya tidak ada respond. Pengecekan Board akan terlebih dahulu dilakukan… setelah dicek Board sama sekali tidak ada masalah.. kerusakkan kembali ada di dalam HAD. Dan tentunya perlu dibongkar.  Setelah dibongkar. posisinya telah lari dari semulanya… pengembalian posisi perlu untuk dilakukan. Tetapi jika ada kesalahan atau kelalaian akan berakibat fatal mengingat komponen dalam sangat senSitif     sekali…. Harddisk kembali beroperasi seperti semula…  terkadang akan meninggalkan bad sector. Jika tidak ada masalah dengan FILE SYSTEM. Maka perkerjaan sudah selesai.. tetapi jika ada masalah dengan FILE SYSTEM. Tentunya proses editing akan dilakukan lagi.
  7. Kasus yang biasa terjadi untuk Merk Seagate.. CPU tidak bisa dinyalakan kalau harddisk Seagate ini dipasang. Jika harddisknya dilepas. Komputer nyala seperti biasanya dan tidak ada masalah… Perlu perbaikan pada harddisk yakni perbaikan dan pengantian sparepart pada Harddisk tersebut…  Jika berhasil harddisk akan dapat dipakai seperti semula lagi.
  8. Harddisk Maxtor dikenal sebagai aliasnya.. kasus seperti ini sering terjadi terutama untuk Mek WDC dan Maxtor… Pengerjaan untuk kasus seperti ini  lebih mengutamakan pada pengenalan program controller pada harddisk tersebut. Penulisan ulang pada Service Area dapat meninggalkan efek samping pada harddisk tersebut yang tentunya jika salah akibatnya adalah FATAL yang mengakibatkan hancurnya integritas data dalam data area. Dan jika ini terjadi Data anda akan sangat sulit sekali untuk dapat diselamatkan lagi bahkan bisa GONE FOREVER. Sehingga pengambilan keputusan yang tetap pada harddisk yang mengalami masalah seperti ini sangat dianjurkan.. Kesempatan penulisan ulang sangat minim. Semakin sering ditulis ulang maka service area akan semakin hancur. Proses kerja kami adalah memperlajari dan menganalisa secara tetap kerusakkan yang terjadi. Dan hanya melakukan editing manual pada area-area yang rusak sehingga lebih menjamin pada integritas data dalam harddisk tersebut..
  9. Harddisk terproteksi ( Locked Drive ) baik dengan Master password atau User Password. Data bisa diselamatkan sampai 100%. Bisa menanganin semua tipe harddisk : Seagate ALL Series , Maxtor ALL Series , TOSHIBA ALL Series, Fujitsu , Hitachi, SAMSUNG, dan WDC.

 

Proses kerja pada LAB kami lebih mengarah pada pendekatan electronic dan Logical recovery  seperti yang kami jelaskan pada point-point diatas.. Jika data yang anda inginkan.. kami tetap take care untuk anda. Semua proses kerja pada LAB kami selalu menjaga integritas data pada harddisk anda…. Oleh karena itu PERCAYAKAN DATA/HARDDISK ANDA PADA ORANG YANG BENAR. THE RIGHT PERSON IN THE RIGHT PLACE.. WE ARE NOT THE BEST BUT WE DO THE BEST FOR YOU……

 

Saran kami untuk para client terutama untuk harddisk yang memiliki Bad sector. Jika data yang anda butuhkan. Tentunya Kondisi Bad sector tidak boleh diperbaiki dulu dengan menggunakan software apapun yang mampu memperbaiki bad sector. Jika anda mencoba untuk memperbaiki bad sector. Tentu zero fill akan dilakukan pada saat perbaikan bad sector. Dan jika ini terjadi berarti anda mungkin bisa memperbaiki harddisk tersebut tapi anda akan menghancurkan integritas data yang ada didalam harddisk ini. Kenapa ???? karena sebagian sector sudah dilakukan proses zero Fill. Jika indexing/data anda berada pada Sector ini. Maka data tersebut akan hilang selamanya….Akan lebih baik anda memberikan kepada orang yeng berpengalaman daripada anda mengerjakannya sendiri tanpa mengetahui proses apa yang sedang dilakukan kepaada harddisk anda. Kuncinya Cuma satu. “JANGAN MELAKUKAN PENULISAN APAPUN PADA HARDDISK ANDA JIKA ANDA MENGALAMI MASALAH TERUTAMA UNTUK MASALAH-MASALAH YANG BERSIFAT LOGICAL “

 

Kami melayanin recovery data untuk harddisk dengan kasus berikut ini :

  1. Harddisk Tidak dikenal Oleh BIOS / Komputer
  2. Harddisk dikenal sebagai ALIASNYA
  3. Harddisk Bad Sector sangat parah
  4. Board Controller [ PCB ] Burn / terbakar.
  5. Harddisk Mengeluarkan bunyi [ knocking Sound ]
  6. Harddisk Logical / Physically Damaged

 

 “ PERCAYAKAN DATA ANDA PADA ORANG YANG BENAR “